5 Fakta Menarik Yang Hanya Bisa Ditemukan Di Pulau Nias

Pulau Nias atau yang biasa disebut “Tano Niha” oleh penduduk lokalnya adalah salah satu dari sekian banyak pulau nan eksotis di Indonesia. Terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Nias adalah satu-satunya daerah paling maju di antara jejeran pulau-pulau di pantai barat Sumatera. Saat ini pulau Nias telah ditetapkan sebagai salah satu ikon pariwisata nasional oleh Kementrian Pariwisata. Di samping keberadaanya yang mulai populer di kalangan wisatawan, pulau Nias memendam beragam keunikan serta nilai-nilai yang tertanam dalam jiwa penduduknya yang tidak ditemukan di daerah-daerah lain.

Istilah “Niha Khoda, Ono Niha, Banuada”

fakta unik pulau nias - geanerasi.com

Penduduk Nias terkenal dengan rasa kekerabatan dan persaudaraan yang teramat sangat erat. Sampai saat ini perantau-perantau Nias telah tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tak heran jika di beberapa daerah terdapat perkumpulan warga Nias. Di dalam batin orang nias (Ono Niha) sesama orang Nias adalah saudara, meski sebelumnya bahkan tidak pernah betemu di tanah kelahiran (Tano Niha). Beberapa ungkapan seperti “Niha Khoda” dan “Banuada” digunakan untuk menekankan bahwa semua orang Nias adalah serumpun atau saudara.

Bahasa asli pulau Nias tidak memiliki konsonan

fakta unik pulau nias - geanerasi.com

Dalam pergaulan antar sesama, Ono Niha sehari-hari menggunakan bahasa nias (Li Niha). Di Nias ada 5 wilayah administratif yang memiliki perbedaan dialeg bahasa masing-masing. Namun satu hal yang sama dari penggunaan bahasa ini adalah tidak menggunakan konsonan atau penutup di setiap akhir kata, semua kata diakhiri oleh huruf vokal (a, e, i, o, u). Namun hal ini tak lantas membuat masyarakat Nias dari daerah berbeda tidak bisa bersosialisasi. Hanya dibutuhkan penyesuaian dengan dialeg dan beberapa kosakata saja untuk bisa mengerti ungkapan dari daerah lain di pulau Nias.

Salam Ono Niha

fakta unik pulau nias - geanerasi.com

Orang Nias sangat ramah dan senang menghargai siapapun yang mereka temui, baik yang lebih muda hingga yang lebih tua sekalipun. Salam “Ya’ahowu” digunakan untuk menyapa sesama Ono Niha yang berarti “terberkati atau semoga diberkati”. Penulis sendiri selalu meggunakan salam ini meski di tanah rantau apa bila bertemu dengan sesama Ono Niha.

Ternyata, di Nias Ada Burung yang Bisa Ngomong

Mulai dari burung gereja, burung hantu, burung murai, burung gagak dan lainnya ada di Nias. Namun, burung yang paling pintar dan yang paling disayang adalah Beo Nias. Burung yang bisa ngomong ini salah satu ikon pulau Nias. Dan termasuk hewan yang dilindungi karena mengalami kepunahan. Penasaran burung yang satu ini bisa ngomong? Search aja di youtube.

Tempat Surfing yang 11/12 dengan Hawai, Nias Punya Bro

fakta unik pulau nias - geanerasi.com

Namanya  pantai Sorake terletak di Telukdalam, Nias bagian selatan. Walau Bali lebih cetar di mata wisatawan asing tetapi berbicara masalah ombak, Sorake masih berada di atas Bali. Banyak wisatawan lebih memilih tempat surfing terbaik ke dua di dunia ini sebagai tujuan utama wisata mereka. Pantai ini juga sering jadi tuan rumah dalam festival dan lomba surfing internasional.

 

K. Setia Gea

Melihat ke belakang adalah cara terbaik saya menyadari jutaan hal ajaib yang mustahil terjadi kalau bukan karena penyertaan Tuhan dalam hidup ini. Menjadi garam dan terang bagi saudara adalah ekspresi dari rasa syukur saya.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *