Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat – Setelah lulus dari bangku SMA tentunya setiap orang sudah punya rencana tentang apa yang akan dilakukan selanjutnya. Mungkin ada yang akan melanjutkan pendidikan, mencari pekerjaan, atau bahkan menikah. Mengingat judul artikel yang sedang kamu baca saat ini tentang Cara Memilih Jurusan. Maka kita asumsikan bahwa kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan.

Sebelum masuk lebih dalam membahas cara-cara dahsyatnya. Ada baiknya kita memahami apa dan bagaimana situasi yang sedang dan akan kita jalani kedepannya. Saat ini di Indonesia rata-rata jumlah lulusan SMA  tiap tahun sudah sangat banyak mencapai 2,5 juta orang. Angka ini mengisyaratkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya mengenyam pendidikan terus meningkat, hal ini baik untuk peningkatan kualitas SDM Indonesia tercinta. Di sisi lain, jumlah ini juga menunjukan bahwa tingkat persaingan untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang mumpuni juga akan semakin naik. Akan ada banyak sekali calon mahasiswa yang memperebutkan kesempatan diterima di Universitas. Lebih jauh lagi lulusan-lulusan dari Universitas akan bersaing juga untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Maka dapat disimpulkan bahwa dunia kerja akan mengalami peningkatan standar kualifikasi seiring berjalannya waktu.

cara memilih jurusan kuliah yang tepat

Nah, bagi kamu yang sudah yakin untuk meningkatkan kualitas diri di bangku perkuliahan sebaiknya jangan salah memilih. Ingat bahwa di masa mendatang dunia kerja hanya akan menerima mereka yang memiliki kualifikasi yang cocok dengan standar yang berlaku. Artinya, perusahaan-perusahaan tidak hanya melihat kelayakan calon karyawannya berdasarkan titel sarjana saja. Perusahaan menuntut nilai lebih serta faktor pendukung lainnya dari karyawannya. Jadi jangan terburu-buru menentukan pilihan jurusan apa yang akan kamu ambil di Universitas, pikirkan dulu.

Tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk membaca beberapa tips ampuh untuk memilih jurusan berikut. Kami akan sangat senang ketika artikel ini dapat menjadi referensi positif bagi kamu, pembaca setia kami. Apabila masih ragu untuk menentukan jurusan yang akan kamu pilih, jangan sungkan untuk  mencoba berdiskusi dengan orang tua, sahabat, guru atau siapa saja yang memiliki pengalaman terkait perencanaan jurusan. Mungkin di antara mereka ada yang bisa membantu kamu.

Cari tahu keahlian dan profesi apa yang kamu minati

Pada intinya tujuan berkuliah yaitu untuk mengembangkan kualitas diri kamu, mencakup bakat, minat, softskill, hardskill. Kamu tidak bisa berangkat sebelum tahu kemana arah yang akan dituju, cari tahu terlebih dahulu apa yang ada di dalam diri kamu. Mengingat masa perkuliahan khususnya untuk program sarjana berlangsung 3 sampai 4 tahun. Jadi pastikan kamu menikmati masa-masa kuliah, dengan mempelajari bidang yang benar-benar sesuai dengan minat dan bakat kamu. Di beberapa Universitas, gairah atau passion adalah faktor pendukung kamu diterima sebagai mahasiswa. Karena  pihak Universitas ingin menjaga reputasi dan kualitas mereka. Yang dapat mencerminkan reputasi universitas adalah prestasi mahasiswa, dan prospek kerja serta kinerja lulusan mereka di dunia kerja. Bagaimana kamu bisa mencapai prestasi yang terbaik jika tidak memiliki gairah atau minat yang mendalam dalam bidang yang dia pelajari?

Kenali nilai-nilai yang kamu yakini

Maksud dari nilai – nilai yang kalian yakini adalah nilai – nilai yang berhubungan dengan sosial, kemanusiaan, dan religius. Mungkin istilahnya adalah panggilan jiwa. Mungkin saja kamu memiliki panggilan hidup untuk menolong anak-anak yang tergolong tidak mampu dan putus sekolah, maka tidak ada salahnya kalian mengambil jurusan keguruan. Contoh lainnya misalnya, kamu merasa terpanggil untuk menolong sesama dalam hal ini nyawa orang sakit di sekitarmu, jurusan keperawatan atau kedokteran bisa jadi pilihan tepat buat kamu.

Apa saja kualifikasi yang kamu miliki

Yang kami mmaksud dengan kualifikasi disini adalah prestasi kamu, misalnya nilai, sertifikat, dan pencapaian lainnya. Jika kamu memilih jurusan kedokteran, tentu saja harus memiliki nilai IPA yang tinggi. Jika memilih jurusan fashion design, berarti kamu perlu mengumpulkan hasil-hasil rancangan kamu yang nantinya dapat disusun menjadi portofolio. Mengumpulkan atau meningkatkan kualifikasi tentunya butuh waktu, oleh karena itu mulailah memikirkan jurusan kuliah sedini mungkin.

Pertimbangkan situasi Global Internasional, Nasional, dan Lokal

Kamu harus bisa menyadari dimana masa kalian hidup saat ini. Bidang apakah yang sekiranya dibutuhkan saat zaman ini? Apa jurusan yang sekiranya akan menjanjikan prospek hidup nyaman? Pertimbangkan juga kamu hidup di negara mana? Kota mana? Contoh di negara Indonesia biasanya para pekerja IT kurang dihargai dan dituntut serba bisa!

Sebaiknya kamu cari di forum-forum pengalaman-pengalaman orang – orang yang bekerja pada bidang yang kamu inginkan. Pandai-pandai memprediksi sekiranya jurusan apa yang nantinya akan dibutuhkan dan memberikan kontribusi vital.

Apa saja yang tersedia

Seiring perkembangan jaman, banyak sekali jurusan baru yang muncul, untuk menyediakan tenaga kerja bagi lowongan kerja baru yang sebelumnya tidak ada. Kamu harus bisa memprediksi jurusan apa yang bisa diandalkan untuk pekerjaaan yang cocok buat kamu. Kalau teman-teman masih bingung memilih jurusan kuliah yang diinginkan, pastikan kamu membaca dan mengetahui informasi, ngombrol sama orang tua dan berdoalah supaya mendapatkan hal yang terbaik.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Demikianlah sedikit tips dan paparan mengenai cara menentukan jurusan kuliah. Semoga dapat membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah dan juga bisa memberikan pandangan dalam melangkah.

K. Setia Gea

Melihat ke belakang adalah cara terbaik saya menyadari jutaan hal ajaib yang mustahil terjadi kalau bukan karena penyertaan Tuhan dalam hidup ini. Menjadi garam dan terang bagi saudara adalah ekspresi dari rasa syukur saya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *