Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Dengan Mudah – Beberapa hari yang lalu saya berbincang-bincang dengan seorang teman lama. Dia bercerita bahwa selama ini YouTube telah ia jadikan sumber pendapatan (Income) utamanya sejak dia memutuskan keluar dari pekerjaannya. Menurutnya, awal terjun ke YouTube niatnya hanya sekedar mencoba-coba saja. Tapi lama-kelamaan setelah mengetahui bangahwa videonya banyak disukai, barulah dia memutuskan untuk fokus membuat video menarik lainnya. Saat ini pendapatannya dari “hanya” duduk santai mengupload video di YouTube kapanpun dan dimanapun saja sudah bisa berlipat kali melebihi gajinya dulu. Sangat menggiurkan bukan?

Bagaimana Bisa Mendapatkan Uang Hanya Dengan Upload Video?

YouTube adalah salah satu situs berbagi video gratis milik perusahaan raksasa internet Google. Sebagai mesin pencari populer Google memiliki layanan periklanan yaitu Google AdWords (untuk pengiklan) dan Google AdSense (untuk penerbit). Jadi, YouTube sebagai salah satu produk Google juga menampilkan layanan iklan ini.  Menurut data, saat ini pengguna YouTube  lebih dari satu miliar, hampir mencapai sepertiga jumlah total pengguna internet di seluruh dunia. Setiap hari orang-orang menonton hingga ratusan juta jam video di YouTube dan menghasilkan miliaran kali penayangan. Bayangkan, jumlah yang sangat besar untuk dijadikan target pasar oleh pemilik bisnis diluar sana untuk memasarkan produk mereka. Berdasarkan data statistik Youtube sejak Juli 2016 telah membayarkan $2 miliar kepada pemilik hak cipta yang mengaktifkan monetisasi video mereka. Kesempatan inilah yang digunakan para creator atau YouTuber untuk mendapatkan uang dari YouTube. Pemilik video (creator) bisa mengaktifkan fitur monetisasi untuk video yang diupload sehingga video tersebut akan menampilkan iklan dari Google AdSense. Nah, dari penayangan iklan inilah YouTuber bisa mendapatkan uang.

Baca Juga: Apa sih itu Google AdSense?

Salah satu alasan mengapa banyak orang suka menonton video di YouTube karena video di YouTube terasa lebih nyata. Sebagian orang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, ada yang ingin mempromosikan bisnis dan event, ada yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain, dan lain-lain. Ketika kita mengunjungi YouTube pasti akan menemukan iklan disana, baik di dalam videonya maupun di bilah sisi (side bar) channel YouTube. Iklan ini akan dimunculkan di video-video yang memiliki penonton (viewers) banyak. Ujung-ujungnya video yang dirasa menarik oleh penontonlah yang akan mendapat penonton lebih banyak. YouTube juga tidak sembarangan menerima semua video untuk diiklankan, salah satu syarat utamanya adalah video tersebut harus original milik atau buatan anda sendiri. Untuk lebih jelasnya mengenai syarat-syarat video ini, silahkan baca kriteria monetisasi video YouTube.

Berikut contoh iklan YouTube yang kami maksud,

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Iklan di YouTube

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Berikut akan kami uraikan langkah-langkah untuk menjadi creator video di YouTube dan mulai mendapatkan uang dari layanan iklan di situs berbagi video populer ini.

1. Buat akun YouTube

Salah satu kelebihan Google untuk semua produk layanannya adalah tampilan tatap mukanya yang sederhana dan mudah dimengerti. Untuk membuat dan mengaktifkan akun YouTube anda hanya perlu sebuah akun email Gmail. Apabila sudah memiliki akun email, silahkan buka situs atau aplikasi YouTube anda. Setelah itu lakukan login menggunakan akun Gmail tadi dan sekejap akan diarahkan ke halaman depan akun YouTube anda.

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Beranda YouTube

Selanjutnya anda perlu mengatur channel YouTube sebagai tempat untuk mengunggah video. Langkah-langkahnya juga sangat mudah dan cepat. Klik Channel saya yang terletak di sebelah kiri atas tepat dibawah tombol Beranda. Tambahkan gambar header yang menarik untuk channel anda, jangan lupa isi deskripsi mengenai channel YouTube tersebut.

2. Unggah video menarik dan original sebanyak-banyaknya

Jumlah dan kualitas video termasuk hal yang sangat berpengaruh pada tingkat pendapatan anda dari YouTube. Semakin banyak dan berkualitas, video anda akan mendapatkan penonton yang banyak pula, sehingga peluang untuk mendapatkan uang dari YouTube semakin besar. Pastikan video yang anda upload berisi konten yang bermanfaat, mendidik dan juga menghibur penonton sehingga penonton juga mendapat manfaat positif dari konten milik anda. Ide videonya bisa bermacam-macam, misalnya membuat video tutorial, film pendek, merekam video sehari-hari, video parody, video lucu dan unik serta video hasil kreasi lainnya.

Rajinlah mengunggah video menarik anda ke YouTube, untuk mendapatkan uang yang besar dibutuhkan setidaknya puluhan video menarik yang memiliki penonton banyak. Untuk mengetahui apakah konten dalam video anda digemari oleh penonton dibuktikan dengan jumlah like dan kualitas komentar dari para penonton anda. Tetap ingat bahwa video yang anda upload tidak boleh melanggar hak cipta. Apabila video anda temasuk kategori melanggar hak cipta, YouTube tidak akan mengizinkan iklan ditampilkan di video tersebut, sehingga peluang anda untuk mendapatkan uang dari YouTube terbuang sia-sia. Tidak hanya itu, pelanggaran hak cipta juga berpotensi membuat kualitas channel anda menurun di mata YouTube, sehingga popularitas channel anda akan sulit untuk berkembang.

Seperti pada contoh video di bawah ini, dari judulnya “3 Cara Mengatasi Rasa Malas” penonton akan diberikan tips yang bermanfaat, sehingga banyak orang tertarik dan menonton video ini.

 

3. Optimalkan daya tarik channel

Penonton di YouTube cenderung lebih memilih untuk menonton video yang memiliki tampilan luarnya seperti judul, thumbnail, deskripsi menarik.Beberapa hal itu juga berpengaruh penting pada jumlah uang yang anda dapatkan dari YouTube. Ibaratkan saja ketika membeli sebuah buku, ketika judul serta desain luaran buku itu kelihatan bagus makan orang-orang akan tertarik membeli dan membaca buku itu. Sama halnya dengan video, meskipun konten video anda menarik dan bermanfaat, kalau tidak ditambahkan judul dan deskripsi serta gambar fitur yang menarik kemungkinan penonton akan memilih video yang lain. Tujuan utama optimasi video ini adalah meningkatkan popularitas channel anda, sehingga penonton video yang anda unggah juga akan bertambah. Dengan jumlah penonton yang banyak, peluang anda untuk mendapatan uang dari YouTube semakin besar.

Lalu apa saja yang perlu dioptimalkan dari video anda?

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Judul, deskripsi, thumbnail manarik

a. Judul video harus mampu mewakili seluruh isi video anda dengan kata-kata menarik. Hal yang pertama dilihat oleh penoton adalah judul videonya. Pastikan judul video anda bisa memancing orang-orang untuk menonton video anda. Buatlah judul yang membuat penonton merasa penasaran dengan isi di dalam video tersebut.

b. Deskripsi video mencantumkan keterangan tambahan untuk menjelaskan keadaan video tersebut. Anda bisa mancantumkan penjelasan-penjelasan singkat atau catatan-catatan untuk para penonton anda.

c. Thumbnail harus didesain semenarik mungkin, membuat tulisan di gambar thumbnail lebih baik dibanding thumbnail default dari YouTube. Tetap ingat hal pertama yang penonton lihat adalah tampilan luar video anda.

 

4. Mendaftarkan channel ke Google AdSense dan mulai mendapatkan uang dari YouTube

Untuk mendapatkan uang dari YouTube hal yang harus dilakukan adalah mendaftar ke Google AdSense. Apabila sudah memiliki akun Google AdSense anda hanya perlu mengaitkannya dengan channel YouTube anda. Namun kalau anda belum memiliki akun Google AdSense anda harus mendaftar terlebih dahulu. Anda bisa langsung mendaftar melalui Google AdSense di YouTube. Saat ini mendaftar AdSense langsung dari YouTube lebih mudah diterima oleh Google, baca petunjuk dari Google AdSense tentang cara mendaftar ke AdSense melaui YouTube.

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Ada baiknya sebelum anda mendaftar ke Google AdSense pastikan jumlah video beserta viewsnya sudah mencukupi, sehingga proses acc dari Google lancar. Apabila video yang anda unggah sudah cukup banyak, barulah daftarkan channel tersebut ke Google AdSense supaya peluang anda diterima semakin besar. Apabila ada sudah diterima oleh Google AdSense maka video anda sudah bisa menampilkan iklan. Semakin banyak video anda yang menampilkan iklan semakin besar peluang untuk mendapatkan uang dari YouTube dalam jumlah besar. Kunci keberhasilan untuk mendapatkan uang dari YouTube dengan menjadi YouTuber adalah kreativitas dan kerja keras. Dengan tetap tekun anda pasti bisa mendapatkan uang bahkan dalam jumlah sangat banyak sekalipun.

 

Gea

Melihat ke belakang adalah cara terbaik saya menyadari jutaan hal ajaib yang mustahil terjadi kalau bukan karena penyertaan Tuhan dalam hidup ini. Menjadi garam dan terang bagi saudara adalah ekspresi dari rasa syukur saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *