Tips Persahabatan Tetap Baik Meski Akan Berpisah dari SMA

Tips Persahabatan – Persahabatan yang sejati adalah ketika orang-orangnya tidak memiliki tembok pembatas yang memuat sisi tersembunyi di dalam hatinya. Banyak orang berkata, setelah lulus dari bangku SMA kehidupanmu yang sesungguhnya baru akan dimulai. Hampir semua anak sekolahan yang udah mau pensiun dari masa putih abu-abunya sering kali merasa “galau”.  Salah satu alasannya selain “akan menghadapi Ujian Akhir” yaitu karena mereka tau perpisahan yang sakit sudah di depan mata, mau tidak mau mereka akan kehilangan hari-hari menyenangkan selama bersama-sama dengan kolega-koleganya di masa-masa perjuangan dulu. Sebenarnya itu adalah hal yang wajar-wajar saja dan sangat manusiawi, mengingat teman-teman sekolah itu juga sedikit banyak ikut berkontribusi mewarnai indahnya masa-masa fenomenalmu di SMA tercinta.

Tips menjaga persahabatan

Tapi tenang saja, itu bukan akhir dari segalanya. Jangan terlalu berkecil hati karena kehilangan masa-masa indahmu itu. Jangan takut berpisah dengan sahabat dan teman-teman dekat, itu cuma masalah waktu saja, percayalah. Jadi, bersantailah sejenak, jangan terlalu tegang menerawang bagaimana rasanya perpisahan yang menunggumu di depan, karena itu belum tentu lebih sakit daripada cintamu yang bertepuk sebelah tangan, atau bahkan belum sempat terungkapkan (mending ungkapin sekarang aja deh, sebelum penyesalan yang dalam menghamipirimu, berikan doi senyuman sejuta pesonamu).

Tips persahabatan agar tetap nyambung

Memang sih, berpisah dengan orang-orang yang kita sayangi itu rasanya perih bercampur pedih. Apa boleh buat, meski rasanya meledak-ledak namun, satu hal yang pasti bahwa hidup akan terus berjalan menyusuri waktu. Ingat, perpisahan itu bukan untuk mengubur kenangan-kenangan yang sempat terukir, tetapi memberi kesempatan untuk menambah warna-warni di lapisan-lapisan sejarah kehidupanmu.

Kata beberapa pejuang LDR “saling mengingat dan mengingatkan akan menjaga hubunganmu tetap berseri”. Hal ini juga berlaku untuk menjaga persahabatanmu dengan sahabatmu di masa SMA. Apalagi kalau kalian sudah sangat dekat, melebihi hubungan pacar dan kekasih, sehidup semati. Zaman sekarang susah lho cari sahabat seperti itu, kebanyakan sahabat ibarat musuh dalam selimut nusuk dari belakang, ada juga yang tiba-tiba jadi pembalab “nikung dari belakang”. Jadi, usahakan hubunganmu dengan sahabatmu itu tetap langgeng selanggeng-langgengnya.

Berikut cara-cara ampuh untuk menjaga hubungan tali persahabatanmu dengan sahabatmu tetap berkilau meskipun pensiun dari SMA.

Tips #1 Teruslah saling memahami satu sama lain

Tips menjaga persahatan

Dengan sahabat kita bisa berbuat hal-hal yang ajaib, yang mungkin tidak bisa lakukan bersama orang lain. Persahabatan yang sejati adalah ketika orang-orangnya tidak memiliki tembok pembatas yang memuat sisi tersembunyi di dalam hatinya. Percaya bahwa sahabatmu itu adalah titipan Tuhan, jangan ada topeng-topengan di antara kalian. Karena ketika topeng itu pecah, borok di baliknya akan muncul dan kelihatan dengan jelas. Lebih baik menjadi diri sendiri dengan apa adanya kamu, karena mutlaknya sahabat adalah dia yang menganggap kamu adalah bagian dari dirinya dan menerima apapun tentangmu untuk melengkapi sejarah luar biasa yang akan kalian ukir bersama.

Tips #2 Sediakan waktu untuk hangout bareng

Cara menjaga persahabatan

Jangan biarkan sejarah indah bersama sahabatmu berhenti di bangku SMA saja, lakukan hal-hal menarik bersamanya meskipun tidak sesering dulu. Rencanakan bersama sahabatmu, ajak dia jalan-jalan, berkeliling kota atau ke tempat tongkrongan favorit kalian. Hal ini lebih baik dibanding hanya sekedar komunikasi tatap muka lewat internet. Dengan bertemu langsung dan tertawa bersama, ikatan emosi kalian akan terjalin kembali. Kebanyakan hubungan persahabatan terputus di tengah jalan karena ego satu sama lain. Tak jarang mereka yang berhasil mengalahkan ego dan memberikan waktu bersama sahabatnya bisa mempertahankan hubungan persahabatan mereka sampai tua. Bayangkan saja kamu dan sahabatmu bisa seperti itu, dengan uban di kepala dengan anak cucunya masing-masing suatu saat bisa berkumpul untuk bernostalgia kembali. Sungguh membahagiakan.

Tips #3 Dengarkan dia, dan berikan dukungan

Tips menjaga persahatan

Salah satu keistimewaan sahabat dibanding teman-teman yang lain adalah, pada sahabat kita bisa curhat, menceritakan visi-visi cemerlang di kepala kita yang rumit ini, membeberkan pengalaman dan berbagi duka. Ketika sahabat sudah mempercayaimu, dia akan dengan senang hati melakukan hal itu kepadamu. Dengarkanlah dia, sambut dengan senyum dan buat dia nyaman. Tunjukan padanya bahwa bercerita dengan kamu itu adalah pilihan yang paling tepat di hidupnya. Dukung dia mencapai impiannya itu, carikan jalan untuk masalah-masalahnya. Sehingga dia merasa kamu selalu ada untuknya. Tapi, jangan lupa sebagai sahabat yang baik ingatkanlah dia ketika hal yang dia bicarakan salah.

Tips #4 Jangan ragu untuk minta maaf, bicarakan kepadanya

Tips menjaga persahatan

Manusia diciptakan dengan banyak kelemahan, di dalam hubungan jenis apapun kita pasti bisa menemukan ketidaksempurnaan. Komunikasi yang intens sangat berpengaruh penting dalam suatu hubungan. Ketika yang berbuat salah kamu, jangan pernah berpikir panjang untuk meminta maaf kepada sahabatmu. Mungkin responnya akan berbeda, tetapi dengan penjelasan darimu, pasti dia akan luluh dan mengerti posisimu. Begitu juga ketika sahabatmu berbuat salah, jangan simpan dendam kepadanya. Pelajari dulu masalahnya apa, lalu cari solusi yang paling tepat.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk menjaga hubungan persahabatanmu. Beberapa hal di atas memang terbukti ampuh untuk menjaga hubungan dengan sahabat meski terpisah dari bangku SMA. Seperti kata sebuah lagu “dimana ada pertemuan disitu ada perpisahan”. Tapi dalam persahabatan, kita tidak boleh mengenal apa itu perpisahan, karena kalau kamu sudah yakin dia adalah sahabatmu maka, jangan pernah tinggalkan dia. Intinya, jangan pernah merasa bosan dengan sahabatmu. Jika kamu bertemu dengan orang-orang baik yang baru di luar sana, jangan pernah lupakan sahabat terbaikmu itu. Selalu ingat bahwa dia adalah bagian dari dirimu dan kamu adalah cerminan dari dirinya.

Gea

Melihat ke belakang adalah cara terbaik saya menyadari jutaan hal ajaib yang mustahil terjadi kalau bukan karena penyertaan Tuhan dalam hidup ini. Menjadi garam dan terang bagi saudara adalah ekspresi dari rasa syukur saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *